Now Reading
Wafa, Crazy Rich Surabaya yang Berbagi di Tengah Corona

Wafa, Crazy Rich Surabaya yang Berbagi di Tengah Corona

Surabaya – Nama Tom Liwafa alias Wafa (28 tahun) menjadi viral dalam dua hari terakhir. Jika sebelumnya warganet dihebohkan dengan Ferdian Paleka yang melakukan prank terhadap para waria dengan kardus bantuan berisi sampah, Wafa justru menunjukkan bagaimana membantu di tengah wabah Covid-19.

Di jagat media sosial, Wafa dilabeli sebagai Crazy Rich Surabaya. Terlebih, dalam aksinya, ia benar-benar membagikan sembako sekaligus sejumlah uang tunai untuk para pekerja di jalanan Surabaya.

Di awal video tersebut, dia juga sempat menyampaikan perasaan prihatinnya atas aksi Ferdian Paleka di Bandung. Menurutnya, di tengah situasi ini, jika ingin membantu sebaiknya bantu saja dengan bantuan yang sebenarnya.

Terkait alasan membuat video bagi-bagi sembako plus uang tunai, Wafa mengaku prihatin atas keadaan warga di tengah COVID-19 ini. Ia juga menyesalkan adanya video prank bagi-bagi sembako isi sampah di Bandung.

“Situasi saat ini sulit, saat warga ingin mendapat bantuan agar survive masih ada YouTuber yang gak mendidik membuat konten seperti itu. Bagaimana nanti kalau ditiru? Sekarang saatnya gotong royong saling membantu, bukan malah menjatuhkan orang, apalagi menyasar gender tertentu ,” pungkasnya.

Itulah, kata dia, yang bikin dirinya tergerak untuk membantu masyarakat miskin.

Sontak, unggahan video aksi Wafa berbagi dengan kalangan duafa di Surabaya itu mendapatkan respons sangat positif di tengah warganet. Tak sedikit yang mengaku termotivasi untuk kaya raya agar bisa melakukan seperti yang dilakukan oleh Wafa.

Sebagai catatan, Wafa sendiri sehari-hari melakoni pekerjaan sebagai pengusaha. “Buka usaha di bidang beverages, food, handmade shoes, furniture juga,” kata Wafa, melansir detikcom, Rabu (6 Mei 2020).

Di Surabaya, sosok Wafa memang sudah sangat dikenal, terlebih ia pun sudah mendirikan ratusan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), termasuk di Mojokerto hingga Sidoarjo.

Selain itu, dia pun acap menjadi pembicara di acara-acara workshop atau seminar. Maklum, selain memiliki usaha di mana-mana, Wafa juga adalah seorang jebolan S2 Manajemen di Universitas Ciputra.

See Also

Soal kebiasaannya berbagi, tak hanya berupa materi seperti yang baru saja viral. Namun, ia juga acap berbagi melalui media sosial Instagram, yang berisikan motivasi enterpreneur untuk anak-anak muda.

“Karena ini sudah era teknologi, kita dituntut untuk memaksimalkan keuntungan media sosial. Ini yang saat ini kadang salah dimanfaatkan oleh banyak orang. Media sosial bisa berdampak baik kepada penggunanya bila dimanfaatkan secara tepat, tapi bisa jadi bumerang kalau tidak tepat yang pakai,” terang Wafa.

Pria kelahiran Mojokerto ini membeberkan kenapa dirinya bersama rekannya membuat gerakan Entrepreneurs vs Corona. Hal itu agar ada pengusaha khususnya anak muda yang turut membantu warga terdampak COVID-19.

“Di momen ini, banyak warga yang terdampak. Pemerintah juga butuh ibaratnya partner buat menyisir mereka yang terdampak. Kita khususnya pengusaha muda ingin berkontribusi dengan memberikan bantuan,” jelasnya.***

What's Your Reaction?
Excited
2
Happy
4
In Love
0
Not Sure
1
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top