Now Reading
Tips Menghindari Kerumunan, Satu dari Gerakan 4M Cegah Covid-19

Tips Menghindari Kerumunan, Satu dari Gerakan 4M Cegah Covid-19

Menghindari kerumunan, adalah satu langkah bijak untuk mencegah Covid-19. Kerumunan seperti apa? Kerumunan yang terdiri dari banyak orang, berdesakkan, baik di dalam maupun luar ruangan. Bisa saja di antara kerumunan itu sudah ada yang terpapar Covid-19, sehingga kita dapat tertular.

Kita menjumpai kerumunan di pasar tradisional, stasiun kereta api, terminal, dan sejenisnya. Pada tempat-tempat tersebut agak sulit diterapkan protokol kesehatan dengan benar, kendati sudah ada aturannya. Memakai masker, bisa diterapkan. Tapi untuk tetap menjaga jarak, agak sulit. Maka langkah terbaik adalah menghindarinya.

Bagaimana cara untuk menghindari kerumunan?

Tentu praktiknya tidak semudah teori. Bayangkan apabila kita sedang dalam kondisi terburu-buru harus berangkat kerja, mengantre loket pembelian tiket kereta. Atau terpaksa berebutan mendapatkan bus.

Tips menghindari kerumunan:

– Memakai tiket elektronik

Berlaku bagi pelanggan Commuter Line. Trans Jakarta, MRT dan LRT. Dengan cara ini maka kita tidak perlu mengantre di loket, sehingga terhindar dari kerumunan.

– Berangkat lebih awal

Dengan berangkat lebih awal, maka ada harapan antrean masih agak sepi. Maka kerumunan pun belum terlalu ramai. Ini berarti membutuhkan disiplin diri lebih baik dari masa sebelum pandemi.

See Also

– Tidak tergoda rasa ingin tahu

Kadang kita tergoda untuk tahu apa yang terjadi saat terjadi keramaian. Entah itu kecelakaan lalu lintas, kasus pencopetan, dan banyak lagi. Jangan mudah tergoda untuk ikut berkerumun demi rasa ingin tahu. Sebab dengan begitu maka kita menjadi bagian dari kerumunan itu, dan tentu saja meningkatkan risiko tertular Covid-19.

Menghindari kerumunan merupakan bagian dari Gerakan 4M untuk mencegah penularan Covid-19:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjaga jarak
  4. Menghindari kerumunan.

Foto: istockphoto.com

What's Your Reaction?
Excited
2
Happy
2
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top