Now Reading
Tips Berbelanja Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Berbelanja Di Tengah Pandemi Covid-19

Butuh sedikit bersiasat untuk membeli pasokan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi risiko penularan.

1. Belanja daring

Sebisa mungkin, penuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Cek apakah barang-barang atau makanan yang diperlukan tersedia di toko-toko daring. Saat ini, beberapa toko di pasar juga menyediakan layanan pesan-antar. Manfaatkanlah layanan ini. Jika tidak bisa daring, terapkan langkah pencegahan penularan saat belanja langsung.

2. Minimalkan frekuensi belanja

Jika tak ada pilihan selain belanja langsung, atur strategi agar tak sering-sering belanja langsung. Upayakan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Buat daftar belanjaan dengan teliti sehingga tak perlu bolak-balik.

3. Pilih jam tidak sibuk

Untuk menghindari antrean atau persinggungan dengan lebih banyak orang ketika berbelanja, pilih jam yang kira-kira tidak padat. Misalnya, awal pagi ketika toko buka atau sekalian agak malam.

4. Pakai masker

Pemakaian masker direkomendasikan setiap kita keluar dari rumah di tengah pandemi ini. Ini mencegah agar Anda tidak tertular atau tidak menulari, kalau-kalau ternyata kita adalah carrier virus.

5. Berbelanjalah sendiri

Usahakan berbelanja sendiri, tidak bersama orang lain. Ini akan mengurangi jumlah orang di dalam toko atau swalayan dan membuat pembatasan jarak fisik lebih mudah direalisasikan. Ini juga meminimalkan risiko orang di rumah terpapar kuman atau virus dari luar.

6. Jaga jarak 2 meter dari pelanggan lain dan staf

Masih dalam rangka pembatasan jarak fisik dan sosial, pastikan berdiri dalam jarak dua meter dengan pelanggan lain atau staf toko. Jika perlu mengantre untuk mengambil sebuah barang, tunggulah. Beberapa swalayan bahkan membantu mekanisme ini dengan membatasi jumlah orang yang bisa masuk dalam satu waktu.

7. Beli hanya yang perlu

Antisipatif boleh, tetapi jangan membeli karena panik. Membeli segala macam hal dalam jumlah besar akan menurunkan stok makanan atau produk medis bagi orang yang benar-benar membutuhkan. Tengok kembali daftar belanjaan Anda dan belilah hanya yang Anda perlukan.

Sumber : Kompas Klasika
Foto : Imam Rosidin/Kompas

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top