Now Reading
Tips Agar Tetap Produktif Kerja dari Rumah

Tips Agar Tetap Produktif Kerja dari Rumah

Jakarta – Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bukan masalah. Terlebih di masa Covid-19, WFH menjadi pilihan banyak perusahaan dan pekerja. Lalu, bagaimana agar tetap produktif dan pekerjaan diberikan atasan tetap dapat dikerjakan sebaik-baiknya? simak tips-tips berikut.

Bangun sudut pandang positif

Tidak masalah bekerja dari mana saja dan di mana saja. Masalah cuma jika tidak ada pekerjaan, atau ketika ada pekerjaan tapi dikerjakan asal-asalan. Anda tidak mau digaji secara suka-suka, jadi pastikan tidak bekerja sesukanya saja. 

Jadi, saat Anda sedang tidak diawasi langsung oleh atasan, di sinilah Anda tetap dapat mengawasi diri sendiri. Mengingat lagi bahwa pekerjaan adalah cerminan diri Anda, kualitas Anda, hingga menunjukkan siapa Anda.

Bangun suasana kerja

Meskipun di rumah namun jangan mentang-mentang. Jadi, di dalam rumah pun mesti dibangun suasana selayaknya suasana kerja. Anda ciptakan tempat yang memang memberikan gairah kerja, dan menggugah rasa tanggung jawab Anda terhadap pekerjaan yang harus tetap dikerjakan. 

Disarankan Anda bisa memilih ruangan atau tempat tertentu di dalam rumah, dengan meja dan kursi khusus. Jangan biasakan bekerja di tempat tidur, sebab itu adalah tempat tidur, bukan tempat kerja.

Di samping itu, Anda pun rawan mengalami sakit punggung hingga kesulitan tidur, dan terparah tentu saja mengganggu produktivitas Anda. Jadi, pastikan Anda punya tempat atau ruang khusus untuk bekerja di rumah.

Siapkan list pekerjaan yang ingin dituntaskan

Apa saja tugas yang harus Anda garap hari ini dan keesokan harinya sebaiknya dituliskan. Tentu saja bisa Anda tempelkan di dekat tempat Anda bekerja, atau di sticky notes yang ada di laptop Anda.

Jauhi gangguan

Pastikan Anda bisa memberikan pemahaman dengan baik kepada anak jika Anda sudah memiliki anak. Sebab bisa jadi mereka mengira ayah atau ibunya sedang libur. Dengan begitu, mereka tahu bahwa Anda memang di rumah namun tetap harus bekerja, dan pekerjaan Anda tidak akan terganggu dengan si buah hati. 

Juga ponsel lebih baik di-silence atau dalam kondisi senyap, sehingga tidak membuyarkan konsentrasi Anda dengan komunikasi tidak penting.

Jaga posisi duduk

Jika Anda bekerja dengan menggunakan laptop, maka pastikan alat kerja Anda ini juga ditempatkan di tempat yang tepat. Jadi, saat Anda harus duduk maka Anda pun masih tetap bisa duduk selayaknya saat bekerja di kantor. Duduk dengan benar, lebih baik jika sedikit menunduk agar tidak bikin leher Anda sakit.

Jangan lupa, sesekali Anda bisa mengubah posisi jika menghabiskan waktu lebih lama saat bekerja. 

Jaga jarak dengan layar komputer atau laptop

Disarankan agar Anda bisa menjaga jarak dengan layar laptop atau komputer berada di kisaran 50-70 cm. Jika tidak, tentu saja akan berpengaruh buruk terhadap mata Anda, dan konsentrasi Anda sendiri.

See Also

Hati-hati dengan posisi pendingin udara

Tak masalah Anda menggunakan pendingin udara apa saja, baik air conditioning (AC) atau kipas angin. Terpenting, Anda bisa memastikan tidak berada di posisi yang keliru, sebab bisa bikin mata Anda gampang kering.

Disarankan, Anda tidak merokok di ruangan berpendingin udara, juga memastikan AC atau kipas angin tidak mengarah langsung ke wajah Anda. Selain itu, hati-hati juga dengan debu yang dapat mengarah ke mata dan hidung Anda. Jadi, pastikan kebersihan ruangan dan pendingin udara di ruangan Anda bekerja.   

Atur jadwal istirahat

Bekerja dari rumah tidak lantas mengharuskan Anda bekerja sepanjang waktu. Jadi, pastikan Anda pun mengatur jadwal kerja dan kapan saja harus beristirahat. Ringkasnya, jangan sampai niat WFH supaya tidak sakit, justru Anda tumbang sakit karena meremehkan jadwal istirahat.

Jaga cairan tubuh

Menyiapkan buah dan air putih menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan. Sebab, ini dapat membantu Anda tetap dapat menjaga agar cairan tubuh tidak berkurang, hingga tidak mengganggu konsentrasi Anda.

Ingat untuk berolahraga

Senam sederhana seperti peregangan hingga push up atau squat, bisa menjadi olahraga yang dianjurkan. Selain membantu agar kondisi Anda tetap bugar, olahraga juga membantu Anda lebih bersemangat saat bekerja di rumah. Di samping, Anda pun bisa bekerja dengan konsentrasi lebih baik lantaran sirkulasi darah dan oksigen  ke otak tetap terjaga. 

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top