Now Reading
Tim Ilmuwan Oxford Yakin Vaksin COVID-19 Tersedia September

Tim Ilmuwan Oxford Yakin Vaksin COVID-19 Tersedia September

Tim ilmuwan di Oxford University, Inggris, optimistis bisa memiliki vaksin yang layak untuk virus corona COVID-19 pada September mendatang. Uji klinis telah direncanakan untuk segera dilakukan dalam dua minggu ke depan, dan meminta pemerintah Inggris mendukung pembuatan puluhan juta dosis sebelum uji coba selesai.

Anggota tim, Sarah Gilbert, mengungkap peluang untuk mencapai target itu sebesar 80 persen. Gilbert adalah profesor bidang vaksinasi di Oxford University dan meyakini vaksin yang sedang diproduksi akan sangat efektif.

“Saya pikir ada kemungkinan besar itu akan berhasil, berdasarkan hal-hal lain yang kami lakukan dengan jenis vaksin ini,” ujarnya seperti dikutip dari The Jerusalem Post, Minggu, 12 April 2020. Dia menambahkan, “Kami ingin selesai (vaksin) sebelum akhir tahun ini.”

Menurut Gilbert, uji coba vaksin baru biasanya memakan waktu bertahun-tahun, tapi untuk COVID-19 prosesnya akan dilacak dengan menjalankan sebanyak mungkin langkah secara bersamaan. Namun dia memastikan pelaksanaan studi klinis dalam kondisi yang dikontrol ketat, bersertifikat dan berkualitas, yang perlu persetujuan etis dan aturan.

Rencananya, untuk fase pertama, tim Oxford akan melakukan uji klinis kepada 500 orang. Ini, kata Gilbert, selalu dilakukan pada orang dewasa sehat yang berusia sekitar 18-55 tahun.

Sedang fase kedua akan melibatkan rentang usia yang lebih lanjut, yakni 55-70 tahun. “Atau lebih tua lagi. Kami melihat keamanan pada kelompok usia yang lebih tua, dan berharap akan melihat respons kekebalan yang lebih lemah,” kata Gilbert.

Tim ini juga berencana untuk menjalankan sejumlah uji coba pada populasi yang berbeda di seluruh dunia. Jika didapati kasus dengan tingkat penularan virus tinggi, maka tim berharap akan mendapatkan hasil kemanjuran dengan sangat cepat, “Jadi itu adalah salah satu strategi untuk mengurangi waktu,” kata Gilbert.

See Also

Menurut Gilbert, tidak mudah untuk memprediksi benua atau negara mana yang akan menjadi tempat terbaik untuk uji klinis. Pembicaraan disebutnya sudah berlangsung antara tim dan regulator di seluruh dunia untuk mendapatkan izin yang diperlukan. 

“Itu (September) hampir mungkin jika semuanya melakukannya dengan sempurna,” kata Gilbert, sambil menambahkan, “Tidak ada yang bisa memberikan jaminan, tidak ada yang bisa menjanjikan itu akan berhasil dan tidak ada yang bisa memberi Anda waktu yang pasti, tapi kami harus melakukan semua yang kami bisa secepat yang kami bisa.”

Sumber: Tempo

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top