Now Reading
Sutardji Calzoum Bachri: Hidup 1.000 Tahun

Sutardji Calzoum Bachri: Hidup 1.000 Tahun

Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri (79) menyarankan agar orang-orang yang merasa cemas selama pandemi Covid-19 kembali pada kesukaan masing-masing.

Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri (79) menyarankan agar orang-orang yang merasa cemas selama pandemi Covid-19 kembali pada kesukaan masing-masing. Kalau suka religius, katanya, asyiki diri dengan amal ibadah; kalau cinta melukis, padatilah hari dengan melukis.

”Mungkin perlu juga menyugesti diri dengan merasa hidup sampai 1.000 tahun lagi,” katanya,  Sabtu (11/4/2020), di Jakarta.

Sepertinya, tambah penyair kelahiran Riau ini, manusia perlu merasa sehat dan kuat 100 tahun lagi. Kalau begitu, soal pandemi Covid-19, kita bisa pandang dengan sebelah mata. ”Pasti sehat,” ujarnya.

Sebenarnya, kata Sutardji, dirinya ingin segera menjadikan segala kecemasan dan ketakutan manusia dalam menghadapi pandemi global ini sebagai puisi. Tetapi, rupanya ia tidak termasuk penyair yang cepat menangkap peristiwa seketika. ”Saya kayaknya orang yang lamban peka, tak mudah jadikan peristiwa sebagai puisi,” ujarnya.

Ketika social distancing atau pembatasan sosial diserukan di mana-mana, Sutardji tetap di rumah saja. ”Sejak dulu sudah di rumah saja. Tak ada kesibukan. Paling-paling melayani masa lanjut usia, ha-ha-ha,” katanya dengan tawa berderai-derai.

Saban hari, ketika berada di rumah, ia biasanya membaca berita daring, nonton televisi, menyimak musik di Youtube, bermain harmonika, ”dan bernyanyi di kamar mandi, ha-ha-ha…,” katanya, lagi-lagi dengan tawa berderai.

Sehat selalu, Bang….

Sumber : Kompas/Putu Fajar Arcana
Foto : Ubud Writers Festival

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top