Now Reading
Seniman Asal Magelang Tukar Lukisan dengan Sembako, Bantu Warga Terdampak Corona

Seniman Asal Magelang Tukar Lukisan dengan Sembako, Bantu Warga Terdampak Corona

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk membantu mereka yang terkena dampak pandemi Covid-19. Namun, cara yang dilakukan Ismanto (52), seniman dari Kabupaten Magelang cukup unik.

Ismanto menjual lukisannya dengan cara dibarter dengan bahan pangan. Bahan pangan itu lalu didonasikan kepada warga terdampak Covid-19.

“Bukan berwujud uang, tetapi saya lebih memilih barter lukisan dengan bahan pangan agar orang yang melakukan barter memiliki pengalaman batin yang humanis, ada nilai pendewasaan nalar, kejujuran, menghargai dan bersimpati,” kata Ismanto, pemilik sanggar Gadhung Melati di Dusun Ngampel, Desa Sengi, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang beberapa waktu lalu.

Karya lukisan Ismanto yang juga seorang pemahat ini seluruhnya dibarter. Dari lukisan soreng, gunung Merapi, Yesus, abstrak, binatang dan lukisan lainnya. Karya pahatan patungnya juga direlakan untuk dibarter. Seluruh hasilnya nanti akan disalurkan kepada warga yang terkena dampak corona.

“Semua lukisan di sanggar ini akan saya barter, bahkan patung kepala Budha juga akan saya barter. Seluruh hasilnya saya salurkan kepada warga yang terdampak Covid-19,” katanya.

Seniman yang tinggal di lereng Gunung Merapi ini terketut hatinyauntuk membantu para warga yang terdampak corona. Mereka kehilangan pekerjaan, ter-PHK, usaha yang mulai melemah dan banyak kesulitan lain gara-gara Covid-19.

“Banyak warga yang kehilangan pekerjaan karena di PHK, usaha yang mulai melemah dan masih banyak penyebab lainnya. Mereka pasti tercekik karena tidak bisa membeli sesuatu akibat tidak ada pekerjaan atau usahanya melemah,” kata Ismanto.

Barter darurat ini sebenarnya adalah lanjutan kegiatan pengumpulan donasi tahun 2010 lalu, saat bencana erupsi Gunung Merapi. Bersama relawan, ia mengumpulkan donasi dan disalurkan kepada warga korban erupsi. Bantuan yang diberikan seperti beras, sayur, minyak, telur, mie instan hingga peralatan rumah tangga. Ia salurkan dari rumah tangga sampai ke pondok-pondok pesantren.

“Saat itu kita tidak pernah memandang agama dan ras atau apapun. Yang penting kita membantu yang membutuhkan. Banyak yang mempercayakan donasinya kepada kita,” tutur Ismanto.

Ismanto juga menerima pesanan lukisan dari dermawan yang ingin barter. Semisal lukisan hewan, bunga ataupun pemandangan dengan ukuran yang kecil. Selama masih mampu, ia akan terus melukis dan melakukan barter lukisan ini.

“Sebenarnya saya juga pematung, tetapi melukis lebih mudah dikerjakan daripada membuat patung. Dalam sehari saya bisa melukis 5-15 buah lukisan dengan berbagai ukuran. Kalau patung bisa berhari-hari dan saya harus butuh orang lain,” katanya.

Terakhir Ismanto berpesan, saat masa-masa sulit seperti sekarang, banyak orang yang mesti tinggal di rumah, tetapi mereka tidak tenggelam dalam kesedihan dan meratapi nasib saja. Mereka tetap harus bangkit dan melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak.

See Also

“Bagi yang berminat untuk barter dengan karya lukis saya, maka bisa menghubungi nomor Whatsapp 08175490154 atau kepada Sekar dengan Whatsapp 085826605870,” kata Ismanto

Rendika Ferri K – Tribun Jogja

Foto : Tribun Jogja



What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top