Now Reading
Robot-Robot yang Membantu Tangani Covid-19 di Indonesia

Robot-Robot yang Membantu Tangani Covid-19 di Indonesia

Perawat pasien Covid-19 ini tidak perlu masker atau APD lain. Tidak perlu juga takut tertular virus apapun. Namanya Amy dan Penny. Amy bertugas membawa makanan, obat, dan segala kelengkapan lain untuk pasien. Sedangkan Penny bertugas melakukan kontrol juga sebagai media komunikasi antara pasien dengan perawat atau tim medis. Mereka adalah robot medis yang membantu menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Jakarta.

Robot berjenis CSJbot biasanya adalah robot yang membantu restoran tertentu. Mereka akan mulai beroperasi bersamaan dengan dibukanya RS Pertamina Jaya pada 10 April 2020.

Selain Amy dan Penny, ada pula robot yang akan membantu tenaga medis dalam menghadari Covid-19. Robot Autonomous UVC Mobile Robot (AUMR) dikembangkan Telkom University bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan bertugas melakukan disinfeksi dan sterilisasi pada ruang isolasi pasien Covid-19.

Robot ini telah sukses diujicobakan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta dan Rumah Sakit Pindad, Bandung.

See Also

Dirangkum dari berbagai sumber.

Foto-foto: Indonesia 2045

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top