Now Reading
Putri Ibu Ini Sembuh dari Corona Berkat Karantina Mandiri! Apa Kiatnya?

Putri Ibu Ini Sembuh dari Corona Berkat Karantina Mandiri! Apa Kiatnya?

covid karantina

Dewi, seorang ibu, menurutkan rasa syukur atas kesembuhan putrinya dari Corona. Yang menakjubkan, putrinya yang berusia 16 tahun itu dapat pulih berkat karantina mandiri di rumah. Bagaimana bisa? Berikut penuturannya melalui pesan WhatsApp yang sudah Dewi izinkan untuk dikutip.

“Saya ngga rawat anak saya di rumah sakit. Saran teman saya yang dokter, kalau memang bisa, lebih bagus isolasi di rumah saja,” ungkap Dewi. Saat itu Dewi merasa optimis, sebab kondisi putrinya segera terdeteksi. Kebetulan rumahnya dua lantai, sehingga putrinya bisa dirawat di atas, sementara keluarga lain di lantai bawah.

Sembuh dari Corona

Apa kiat Dewi sehingga dapat melakukan isolasi atau karantina mandiri sampai putrinya sembuh dari Corona?

  1. Yang sakit harus kita dukung, kasih semangat. Jangan pernah menakutinya. Terus hibur, beri keyakinan bahwa dia bisa mengalahkan Corona. Agar imunitas tubuh tidak drop.
  2. Isolasi mandiri harus dilakukan disiplin, dan higienis. Semua alat makan, pakaian, dan sebagainya, dipisahkan dari milik anggota keluarga lain.
  3. Setiap selesai makan, peralatan makan bekas pakai diambil dengan mengenakan sarung tangan, lalu dicuci secara terpisah. Setelah itu dibilas dengan air panas. Bekas meja untuk makannya dilap dengan disinfektan.
  4. Pada pagi hari, jendela kamar dibuka. AC dimatikan. Sinar matahari harus benar-benar masuk ke dalam kamar.
  5. Ajak pasien berolahraga ringan melalui video call, agar di semangat dan tetap menjaga kebugaran tubuh.

“Setelah 14 hari masa karantina, begitu keluar dari kamar, putri saya tetap memakai masker. Dia tetap berada di dalam rumah, dengan peralatan makan dan pakaian dipisah dari anggota keluarga lain,” ungkap Dewi. Ini dilakukan hingga 14 hari berikutnya.

Ada resep jitu lain dari sisi konsumsi? Menurut Dewi, selain makanan bergizi, dia juga memberikan vitamin tambahan, air putih sebanyak 2 botol air mineral besar per hari. Ditambah jamu rebusan yang terbuat dari jahe, kunyit, dan temulawak.

Anggota keluarga lain pun menerapkan disiplin tinggi agar sembuh dari Corona, dengan tidak keluar rumah sembarangan, sebab tidak mau jadi carrier. “Alhamdulilah, saya, mama saya, anak-anak saya lainnya, semua sehat. Tidak tertular,” tambah Dewi.

See Also

Belum lama ini mereka melakukan test swab dan hasilnya negativ Covid-19. Sungguh luar biasa pengalaman keluarga ini, bukan? Semua keluarga layak mencontohnya. Tetap siaga, tidak panik, dan disiplin diri yang kuat dapat mengalahkan Corona.

(Magda Mars)

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (2)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top