Now Reading
Panduan Kampung Siaga Covid-19

Panduan Kampung Siaga Covid-19

Panduan Kampung Siaga Covid19

Masih tentang virus Corona Covid-19 yang kini kita hadapi, segala upaya pencegahan masih harus kita lakukan, tapi sayangnya selama ini kita masih fokus pada pencegahan untuk diri sendiri saja, yaitu masih berfokus dengan menggunakan masker, padahal masih banyak pencegahan yang harus dilakukan bersama-sama tak hanya secara individual saja.

Sekolah Relawan membuat beberapa program terkait upaya pencegahan Covid-19, guna melakukan upaya pencegahan yang lebih maksimal dan efektif untuk melawan wabah corona tersebut bersama masyarakat, dengan membentuk Kampung Siaga Covid-19, yang akan disertai oleh aksi dan edukasi untuk para warga, berikut ini adalah informasinya

Sosialisasi Hidup Bersih dan Sehat

Meski kini virus corona sudah menjadi pandemi bahkan telah ditetapkan menjadi bencana nasional oleh Pemerintah Indonesia, nyatanya masih banyak orang yang belum sadar betul tentang bahayanya virus ini, mereka masih belum serius dalam melakukan pencegahan.

Hal inilah yang mendasari Sekolah Relawan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu virus Corona Covid-19 dan bagaimana pencegahannya melalui  sosialisasi pola hidup bersih dan sehat , salah satunya dengan memberikan edukasi tentang cara mudah pembuatan hand sanitizer sendiri. Melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat menjadikan pola hidup bersih dan sehat menjadi perilaku sehari-hari serta sebagai pencegahan utama melawan virus corona dan berbagai penyakit lainnya.

Membentuk Satgas Siaga Covid-19

Untuk memberikan edukasi yang lebih tentang Covid-19 serta melakukan aksi kebaikan sebagai pencegahan di lingkungan masyarakat, maka diperlukan para relawan yang siap untuk memberikan edukasi dan melakukan aksi selama masa siaga Covid-19. 

Terkait hal ini Sekolah Relawan melakukan inisiasi dengan membentuk satgas siaga covid-19 ditingkat RT/RW, satgas ini adalah para relawan yang siap bertanggung jawab selama siaga covid-19, mengedukasi warga tentang Covid-19, menggerakan partisipasi warga untuk siaga, membuat sistem keamanan dan informasi kesehatan warga, pengecekan kesehatan warga, dengan demikian para warga selalu mendapat himbauan terkait informasi mengenai Covid-19.

Sterilisasi Fasilitas Umum dan Sosial

Selain melakukan pola hidup sehat, sterilisasi fasilitas publik juga menjadi langkah penting yang harus dilakukan sebagai pencegahan, sterilisasi menggunakan cairan disinfektan merupakan upaya untuk membasmi bakteri penyebab virus di fasilitas publik tersebut, hal ini pun turut dilakukan oleh Sekolah Relawan dengan melakukan aksi penyemprotan cairan disinfektan di kantor desa, tempat ibadah, posyandu, sekolah, jembatan, taman, lapangan dan area publik lainnya oleh para Satgas Covid-19.

Lumbung Pangan Warga

Saat ini pemerintah Indonesia telah memberikan kebijakan untuk memberlakukan masa isolasi selama 14 hari pada masyarakat untuk memutus penyebaran virus Corona, jika penyebaran virus tersebut kian bertambah buruk maka dampaknya adalah adanya kebijakan berupa “lockdown” yaitu mengunci seluruh akses masuk maupun keluar dari suatu daerah ataupun negara.

See Also

Untuk mencegah dampak buruk dari lockdown maka yang paling utama harus disiapkan adalah menyimpan persediaan makanan, tapi sayangnya masyarakat justru banyak yang melakukan hal berlebihan yang cenderung kurang baik seperti membeli produk makanan tanpa memikirkan persedian untuk orang lain.  Untuk itu Sekolah Relawan ingin mengedukasi masyarakat bagaimana cara yang tepat, salah satunya dengan mengajak warga untuk mengumpulkan satu gelas beras sehari kepada sekertariat satgas untuk berjaga jika lockdown terjadi.

Membuat Sistem Informasi Kesehatan dan Keamanan Warga

Saat ini masyarakat masih banyak yang merasa kebingungan ketika hendak melaporkan tentang kondisi kesehatan mereka terkait gejala Covid-19, dan hal ini pula telah mendorong sekolah Relawan untuk terus mendapingi warga dalam melakukan tindakan cepat apabila ada salah satu warga yang merasa telah mengalami gejala Covid-19. Sekolah Relawan telah melakukan penyuluhan tentang bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan oleh warga, seperti memberikan pengecekan kondisi kesehatan warga dan informasi mengenai rumah sakit yang siap menangani Covid-19 terdekat pada masyarakat.

Mari kita lakukan pencegahan semaksimal mungkin, tetaplah berbuat kebaikan meskipun kini kita tengah berjuang melawan Covid-19, jangan biarkan kebaikan kita terhenti hanya karena menghindari sebuah virus, tetap jaga kesehatan ya kawan baik.

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top