Now Reading
Menghindari Kerumunan, Wajib Dilakukan Demi Halau Covid-19

Menghindari Kerumunan, Wajib Dilakukan Demi Halau Covid-19

Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020. Dalam dua pekan terakhir, kenaikan kasus positif di seluruh wilayah Ibu Kota begitu mengerikan. Sampai 9 September total jumlah kasus Covid-19 di Ibu Kota mencapai angka 49.837.

Pemicu utamanya adalah warga Jakarta masih banyak yang abai terhadap protokol kesehatan. Salah satunya adalah suka berkerumun, atau melakukan kegiatan kumpul-kumpul. Misalnya saja yang dilakukan warga di kawasan Petamburan, Grogol, berkumpul tanpa jaga jarak dan tanpa masker di warung.

Kerumunan lain yang tak kalah “mengerikan” adalah yang terekam dalam sebuah video yang diunggah netizen @Mulyadi81506315 di Twitter. Video itu memperlihatkan para pedagang di Jakarta yang tidak menerapkan jaga jarak. Situasi ramai, penuh kerumunan pedagang dan pembeli di kawasan Kota Tua, Jakarta,

“Gubernurnya menciptakan keramaian atau kerumunan dengan membuka pasar UMKM secara bergerombol. Menghidupkan UMKM itu bagus, tapi bisa dengan cara yang benar tidak harus berkerumun seperti ini. Jarak para UMKM mestinya diatur jauh-jauh agar tidak tercipta kerumunan. Nies, kapan sih kebijakan anda pintar?,” Ferdinand Hutahaean, seorang politisi yang juga aktif di Twitter berkomentar.

Kerumunan juga masih kerap terlihat di perumahan-perumahan di Jakarta, terutama wilayah yang agak kumuh. Sementara di kafe dan restoran, kerumunan pun sering terjadi, terutama kumpulan anak-anak muda yang hang out bersama. Agaknya Pemda DKI selama ini kurang mampu mendisiplinkan warganya, sehingga jumlah korban Covid-19 terus melonjak. Dan akhirnya memberlakukan kembali PSBB.

Betul, kerumunan merupakan salah satu pemicu penyebaran Covid-19. Tak heran jika korban virus tersebut terus melonjak. Bukan hanya di Jakarta, kerumunan wajib dihindari oleh semua orang di masa pandemi ini. Tentu kota-kota lain tidak ingin bernasib seperti Jakarta, bukan? Hindarilah kerumunan!

Bagaimana caranya menghindari kerumunan? Tipsnya ada di sini.

See Also

Menghindari kerumunan merupakan salah satu dari Gerakan 4M yang dapat mengurangi risiko tertular Covid-19.

Gerakan 4M adalah:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjaga jarak
  4. Menghindari kerumunan.

Foto: Tempo

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top