Now Reading
Membuka Bioskop di Tengah Zona Merah, Apakah Bijak?

Membuka Bioskop di Tengah Zona Merah, Apakah Bijak?

Korea Selatan dengan angka kematian Covid-19 lebih rendah dari DKI Jakarta kembali menutup operasional bioskop. Sedangkan Pemda DKI masih gaspol mau buka bioskop?

Miris hati ini membaca berita perkembangan Covid-19 di Jakarta. Semuanya merah. Zona merah mencakup seluruh kota di DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat; Jakarta Barat; Jakarta Utara; dan Jakarta Timur masuk kategori zona merah.

Zona merah ditetapkan berdasarkan tingginya laju kecepatan infeksi atau incidence rate (IR) Covid-19. Sehingga RW berstatus zona merah artinya memiliki tingkat risiko tinggi penularan Covid-19. Berdasarkan data di laman web corona.jakarta.go.id, sebanyak 24 RW zona merah tersebar di lima wilayah kota administrasi, demikian seperti yang dilansir Kompas.

Ini berarti DKI Jakarta berada dalam kondisi memprihatinkan.

Ironisnya, rencana Pemda DKI untuk membuka kembali bioskop masih terus berjalan. Satgas Penanganan Covid-19 dan Pemprov DKI akan mengizinkan bioskop buka kembali mulai pekan pertama September 2020. Hingga 4 September 2020, ada tiga pengelola bioskop yang mengajukan proposal untuk beroperasi kembali, yaitu XXI, CGV, dan Cinemapolis.

Mereka berwacana bahwa pembukaan bioskop akan disertai dengan protokol kesehatan, seperti aturan wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh, penerapan physical distancing di lingkungan bioskop.

Dengan peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta, apakah pembukaan bioskop adalah langkah bijak? Perlu diketahui sampai 4 September 2020, jumlah positif Covid-19 di DKI Jakarta menginjak angka 44.604 orang yang sedang dirawat, dan 1.260 korban meninggal.

Penutupan Biskop di Korsel

Mari kita bandingkan dengan Korea Selatan (Korsel) yang membatalkan rencana pembukaan bioskop di tengah pandemi.  Jumlah korban Covid-19 di Korsel mencapai 20.842 positif, dan 331 orang meninggal. Betul, jumlah korban yang meninggal jauh di bawah DKI Jakarta yang melampaui 1.200 orang.

Pembatalan rencana membuka bioskop ini dipicu oleh adanya gelombang kedua Covid-19 di Korsel. Lotte Cultureworks, salah satu raksasa industri hiburan ritel Lotte Group, menawarkan pensiun sukarela bagi karyawannya.

CGV, jaringan bioskop terbesar di Korsel, sudah lebih dulu melakukan hal serupa. Bahkan CGV sudah menutup bioskop di Bandara Internasional Incheon sejak akhir Agustus 2020 sampai waktu yang belum ditentukan.

Film dokumenter grup K-Pop BTS Break The Silence: The Movie ikut ditunda penayangannya di bioskop Korsel. Semula, film itu dijadwalkan tayang pada 10 September 2020 di beberapa negara. Penundaan itu terkait  penyebaran Covid-19 yang melonjak di Korea. Sejak pertengahan Agustus, penyebaran Covid-19 di Korsel kembali masif.

Bioskop di Korsel sempat ditutup total saat pandemi mulai melanda pada Februari 2020. Ketika pandemi mereda, mereka membuka kembali operasional bioskop di bulan Mei, dengan protokol kesehatan ketat. Pertimbangan ini disebabkan jumlah penambahan pasien positif Covid-19 sudah di bawah 100 per hari. Protokol kesehatan didukung teknologi Smart Pass, yang mampu memantau suhu tubuh dan penggunaan masker yang baik di dalam studio. Namun begitu gelombang kedua pandemi melanda, bioskop kembali ditutup hingga hari ini.
 
Jika Pemda DKI ingin membuka kembali bioskop, sebaiknya meniru kebijakan Korsel. Setidaknya ketika angka penambahan pasien positif hanya 100 orang per hari. Sebelum dapat mencapai angka itu, sebaiknya Pemda DKI bekerja keras untuk terus menurunkan angka korban pasien Covid-19.

See Also
jejaring Harapan

Sembari menunggu hal itu tercapai, pengusaha bioskop Indonesia bisa memikirkan opsi lain untuk membangkitkan kembali pendapatannya. Dapat dipikirkan celah kerjasama dengan vendor-vendor lain untuk merilis versi online film-film bioskop. Atau mengadakan pertunjukan drive-in. Atau sekalian saja layar tancap? Dengan protokol kesehatan yang disiplin pastinya.

Referensi:

Kompas

CNN Indonesia

Foto: Yonhap

What's Your Reaction?
Excited
1
Happy
1
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top