Now Reading
Masker Itu Wajib, Face Shield Saja Tak Cukup, Satu dari Gerakan 4M

Masker Itu Wajib, Face Shield Saja Tak Cukup, Satu dari Gerakan 4M

Pernah melihat public figure tidak pakai masker? Pasti pernah. Entah itu artis, selebgram, selebtwit, atau politisi. Ini sebuah tindakan yang tidak layak ditiru. Apalagi jika sampai mengunggahnya di media sosial. Atau bahkan tampil di TV yang disaksikan seantero Indonesia. Kenapa? Sebab public figure memiliki fans, dan semua perilaku mereka cenderung ditiru oleh fans-nya.

Tak heran jika ada public figure tampil di depan umum atau di media sosial dan TV tanpa masker, akan di-bully atau dikritisi pedas. Ada juga artis yang rajin tampil di TV hanya memakai face shield, tanpa masker. Padahal jelas mulut dah hidungnya masih terpapar, sehingga tetap berisiko tertular Covid-19.

Face Shield Saja Tidak Cukup

dr. Dirga Sakti Rambe di Twitter pernah membahas soal itu. Ahli vaksin ini menjawab pertanyaan netizen, apakah face shield saja sudah cukup tanpa masker? “Masker wajib, tidak tergantikan. Face shield melengkapi masker, bukan menggantikan. Paling baik memang menggunakan keduanya.”

Jawaban ini diperkuat oleh dr. Rahmat Hidayat, spesialis saraf yang juga Manajer Pelayanan Unggulan RSUI, rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19. “Tetap pakai masker,” ujarnya saat ditanya apakah perlu face shield dilengkapi masker.

Sementara face shield punya beberapa kelemahan, seperti masih memiliki celah untuk masuk di bagian samping dan bawah. Studi terkait efektivitas penggunaan face shield untuk melindungi diri dari paparan virus corona sesuai bukti belum tersedia.

Dengan segala kekurangannya, maka face shield saja tidak cukup. Harus tetap dilengkapi dengan masker agar bisa lebih optimal terhindar Covid-19.

See Also

Memakai masker, merupakan satu dari Gerakan 4M yang dapat mengurangi risiko tertular Covid-19.

Gerakan 4M adalah:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjaga jarak
  4. Menghindari kerumunan.

Foto: Freepik

What's Your Reaction?
Excited
1
Happy
1
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top