Now Reading
Lembaga Eijkman Berhasil Memetakan Genom COVID-19

Lembaga Eijkman Berhasil Memetakan Genom COVID-19

Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman, berhasil melakukan pemetaan terhadap sekuens asam nukleat RNA virus corona atau COVID-19. Pemetaan tersebut tentu untuk pertama kalinya di Indonesia.

“Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman(@eijkman_inst) berhasil untuk pertama kalinya menyelesaikan pemetaan sekuen asam nukleat RNA penyusun genom virus SARS-CoV-2 (coronavirus) dari Indonesia,” tulis akun Twitter resmi LBM Eijkman.

Dari unggahan akun Twitter resmi Eijkman, @eijkman_inst, pemetaan tersebut dilakukan dari tiga sampel pasien COVID-19 Indonesia, yang telah dipilih berdasarkan tingkat viral load dari hasil tes polymerase chain reaction (PCR). Ketiga sampel tersebut telah dilakukan uji dengan menggunakan alat Next-Generation Sequencing (NGS) yang bertempat di Pusat genom Nasional LBM Eijkman.

“Menggunakan alat Next-Generation Sequencing (NGS) di Pusat genom Nasional LBM Eijkman, tim LBM Eijkman berhasil memetakan genom tiga isolat virus yang berasal dari tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia,” jelas akun Twitter @eijkman_inst.

Lebih lanjut, menurut akun @eijkman_inst, data dari uji sampel tersebut merupakan data sekuens lengkap pertama COVID-19 di Indonesia dan telah diunggah ke pusat data Global Initiattive on Sharing All Influenza Data (GISAID).

Sementara itu, data yang telah diunggah ke GISAID nantinya akan mempercepat proses lebih dari 16.000 data COVID-19 di seluruh belahan dunia.

See Also

“Ini adalah data sekuens lengkap pertama virus Corona dari Indonesia yang telah diunggah ke pusat data GISAID (https://gisaid.org) yang mendukung proses cepat dalam berbagi lebih dari 16.000 data virus corona di seluruh dunia,” jelas akun Twitter @eijkman_inst.

Dari tiga data awal pasien COVID-19 di Indonesia tersebut, nantinya akan berguna bagi penelitian lanjutan virus corona. Terutama mengenai bagaimana virus tersebut menyebar dan berevolusi, serta pengembangan vaksin dan juga obat antivirus COVID-19.[]

Sumber: Akurat.Co

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top