Now Reading
Ayo, Lawan Corona: Ramai-Ramai Bikin Lagu Bersama Keluarga

Ayo, Lawan Corona: Ramai-Ramai Bikin Lagu Bersama Keluarga

Nyanyi Dirumah Lawan Corona

Himbauan Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor pada Minggu 15 Maret 2020 lalu untuk melakukan social distancing (dan physical distancing) selama wabah coronavirus agar tak semakin meluas, rupanya, banyak dipatuhi warga.

Banyak warga yang bisa tetap beraktivitas dari rumah: bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah.

Lebih dari satu minggu berada di rumah saja tentu bisa menimbulkan rasa bosan. Apalagi saat ini kita akan memasuki minggu keempat alias sudah tiga pekan berada di rumah bersama keluarga. Kebosanan kerap timbul. Dan godaan untuk keluar rumah cukup besar.

Tapi, ternyata, banyak keluarga yang melakukan hal-hal kreatif buat mengatasi kebosanan. Belakangan ini banyak sekali keluarga atau kelompok komunitas menghibur diri bikin lagu agar tidak bosan, mengatasi rasa jenuh, dan tetap mengajak kita semua tetap di rumah seperti anjuran pemerintah.

Fenomena ramai-ramai bikin lagu ini merupakan kabar baik bagi kita semua. Setidaknya kita menyadari bahwa selama kita menghadapi wabah coronavirus ini dapat melakukan hal-hal yang kreatif, memberi semangat, dan menghibur orang lain sembari bernyanyi dan menggoyangkan badan.

Adalah Sandy Canester, seorang penyanyi dan pencipta lagu terkenal, yang memulai gerakan kampanye bikin lagu bertema lawan corona virus ini. Bahkan ada videoclip-nya segala yang memperlihatkan aktivitas satu keluarga selama berada di rumah bersama-sama seharian selama berhari-hari.

Dari lagu videoclip Sandy Canester bertema keluarga itu lalu Sutradara Iman Brotoseno berinisiatif membuat videoclip yang melibatkan sejumlah penyanyi, musisi, dan pesohor selain Sandy Canester.

Di video yang proses produksinya mengkompilasi video-video hasil kiriman para penyanyi, musisi, dan pesohor ini kita bisa lihat aktivitas mereka selama tinggal di rumah gara-gara coronavirus. Kita bisa lihat Penyanyi Yuni Shara bernyanyi dengan suaranya yang khas sembari memasak. Atau kegiatan Rapper J. Flow menonton televisi di rumahnya.

Videoclip lagu “Lebih Baik di Rumah Saja” karya Sandy Canester ini masih viral hingga hari ini.

Selain Sandy Canester ada penyanyi dan musisi lain yang juga bikin lagu bertema tinggal di rumah selama wabah coronavirus. Yang terbaru ada Raja Dangdut Rhoma Irama yang juga bikin lagu khusus buat mengajak para penggemarnya tetap tinggal di rumah agar coronavirus tidak menyebar lebih luas.

Para penyiar TVRI dan RRI pun tak mau kalah. Mereka bikin lagu khusus soal ajakan tetap di rumah selama wabah coronavirus dari stasiun kerja mereka masing-masing yang tersebar di seluruh Indonesia.

Yang menarik adalah satu keluarga yang bersama-sama bikin lagu berjudul “Tenang-Tenang di Rumah” dengan musik berirama reggae yang diunggah di Instagram pada 27 Maret 2020.

See Also

Sang Ayah, Conrad Scholastika dari grup musik Good Vibration, bermain gitar dan ikutan jadi penyanyi latar bersama Sang Ibu. Sementara dua anak mereka menyanyikan lagu itu dengan riang gembira. Saat refrain mereka berempat langsung pecah bagi suara seperti grup musik profesional.

Dengar saja bagian akhir lagu “Tenang-Tenang di Rumah” ini yang sangat optimis buat kita menghadapi wabah coronavirus ini:

“Tenang-tenang di rumah / Jangan ke mana-mana / Yakinlah kita bisa / Menang lawan corona….”

Semoga upaya kita melawan coronavirus ini segera berakhir dan kita lah yang jadi pemenangnya – seperti tertulis dalam lirik lagu bertema “Ayo, Lawan Corona” itu yang memberikan rasa optimis kepada kita semua selama tinggal di rumah.

Semangat Indonesia! (*)

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top