Now Reading
Ini Pesan WHO agar Puasa Lancar di Tengah Pandemi Corona

Ini Pesan WHO agar Puasa Lancar di Tengah Pandemi Corona

Jakarta – Berpuasa di tengah pandemi Covid-19 menjadi salah satu perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Maka itu, badan dunia ini mengeluarkan surat edaran melalui situs resmi mereka, agar masyarakat Muslim dunia dapat berpuasa dan sehat.

Berikut adalah imbauan WHO agar Anda bisa berpuasa tanpa kendala di tengah Covid-19:

Penuhi kebutuhan gizi, cairan tubuh, saat berbuka

Pastikan Anda tetap memberikan asupan gizi dan hidrasi ketika berbuka. Tetap mengonsumsi buah segar, hindari makanan kemasan, di samping juga tidak lupa untuk tetap memperbanyak minum air putih.

Tetap melakukan aktivitas fisik

Olahraga di dalam ruangan bisa menjadi pilihan karena WHO juga mengimbau agar di masa penerapan pembatasan sosial, aktivitas fisik harus tetap berjalan. Sebab, olahraga akan membantu Anda agar tetap bugar.

Hindari penggunaan rokok dan tembakau

Penggunaan tembakau tidak disarankan dalam situasi apa pun, termasuk selama Ramadan dan saat pandemi COVID-19. Sebab, perokok umumnya sudah memiliki kapasitas paru-paru yang berkurang. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko seseorang terjangkit virus corona dan menyebabkan seseorang tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik.

Memperhatikan pembatasan fisik dan kebersihan diri saat beramal

Bulan suci Ramadan rasanya tidak lengkap tanpa pemberian amal kepada orang yang membutuhkan dan para yatim piatu. Apabila Anda ingin tetap bersedekah, pastikan anjuran untuk pembatasan fisik dan menjaga kebersihan diri tetap diterapkan.

See Also

Contohnya tidak menciptakan kerumunan, mengantre dalam jarak yang ditentukan, menggunakan pelindung diri seperti masker, menghindari menyentuh wajah, dan senantiasa mencuci tangan dengan air dan sabun.

Namun bahwa Muslim tetap melakukan wudu sebelum shalat, ada langkah-langkah yang harus dipertimbangkan antara lain: Pastikan bahwa fasilitas cuci tangan dilengkapi dengan sabun dan air yang memadai. Sertakan hand sanitizer (setidaknya 70 persen alkohol) di pintu masuk dan di dalam masjid.

Pastikan ketersediaan tempat sampah sekali pakai dengan liner dan tutup sekali pakai, serta menjamin pembuangan limbah yang aman. Mengimbau para jamaah untuk menggunakan sajadah pribadi untuk diletakkan di atas karpet.

Menyediakan display tentang physical distancing, kebersihan tangan, etiket pernapasan, dan pesan-pesan umum tentang pencegahan Covid-19.

Sumber Gambar: Kompas.com
What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top