Now Reading
Hajar Covid-19 dengan Gerakan 4M

Hajar Covid-19 dengan Gerakan 4M

Pandemi masih berlangsung, bahkan kian memuncak. Setidaknya sampai kemarin, Kamis (3/9/2020) pukul 12.00 WIB, pasien positif Covid-19 bertambah sebanyak 3.622 orang dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan angka harian tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

Perlukah masyarakat takut? Sudah pasti. Namun tak perlu panik. Yang wajib adalah mematuhi protokol kesehatan di di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) ini. Gerakan 4M perlu lebih digencarkan lagi, mengingat bahwa kadang kita abai pada disiplin diri.

Apa itu Gerakan 4M?

Mudah sekali mengingatnya.

Memakai masker

Tentu dengan cara yang benar, yaitu menutupi hidung, mulut dagu. Bisa masker kain atau masker sekali pakai, selama masih bersih. Pakailah masker setiap keluar rumah, terlebih ketika bertemu dengan orang lain.

Mencuci tangan

Virus bisa dicegah selama kita menjaga kebersihan. Cuci tangan setiap kali habis menyentuh barang-barang apapun, terutama yang sering disentuh orang lain. Cuci tangan dengan benar, meliputi semua bagian tangan hingga celah-celah jari. Jika tidak ada fasilitas seperti air dan sabun, pakailah hand sanitizer.

Menjaga jarak

Hindari berdesakan dengan orang, jaga jarak minimal 1,5 meter. Kita tidak pernah tahu apakah orang itu sudah positif atau belum. Dengan menjaga jarak, risiko penularan dapat dicegah.

See Also

Menghindari kerumunan

Ini dia yang sangat menantang. Menghindari kerumunan, sebab kerumunan membuat kita harus berhimpitan dengan orang banyak. Bisa jadi ada yang sudah terkena Covid-19. Hindarilah kerumunan sebisa mungkin. Jika terpaksa sekali, coba pindah ke tempat lain yang lebih sepi. Tunggu antrian berkurang, dan baru kembali.

Jika Gerakan 4M ini kita patuhi, niscaya dapat mengurangi risiko terkena Covid-19. Sudah banyak penjelasan medis mengenai hal ini. Dan semua terbukti ampuh. Hanya saja karena pandemi berlangsung cukup lama, banyak masyarakat yang mulai jenuh dan abai.

Yuk kita sama-sama disiplinkan diri dengan Gerakan 4M.

What's Your Reaction?
Excited
2
Happy
2
In Love
1
Not Sure
0
Silly
0
View Comment (1)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top