Now Reading
Mengajak Karyawan Sumbang Makanan Selama Pagebluk

Mengajak Karyawan Sumbang Makanan Selama Pagebluk

Karyawan

Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki rasa solidaritas yang tinggi dan sikap mau bergotong-royong saat menghadapi satu musibah atau masa sulit seperti terjadi wabah coronavirus (Covid-19) pada saat ini yang sering disebut juga dengan istilah pagebluk.

Dorongan untuk membantu menolong sesama bangsa Indonesia, terutama warga yang sangat terdampak dengan pagebluk ini, mampu menggerakkan hati Jane Fransisca, seorang karyawan perusahaan Great Giant Foods (GGF).

Pada 25 April 2020 lalu Jane, yang menjabat Kepala Layanan Perusahaan di kantornya itu, mengajak karyawan-karyawan GGF lainnya untuk menyumbang dana dari kantong pribadi masing-masing. Dari dana yang terkumpul itu ia memberikan makanan kepada warga yang membutuhkan. Ia mengajak kerjasama resto siap saji California Fried Chicken (CFC) untuk menyediakan paket makanan dan mendistribusikan kepada teman-temannya yang akan membagikan paket makanan itu menjelang berbuka puasa.

“Kegiatan bagi-bagi makanan ini awalnya dari Jane Fransisca yang mau berbagi ke orang-orang yang dia dengar kehilangan penghasilan karena pagebluk ini dan kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama untuk makan,” jelas Susy Rizky, teman Jane, yang dimintai tolong untuk mengurus pembagian paket makanan ini di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Menurut Susy, rencana semula bagi-bagi makanan kepada warga yang terdampak ini hanya dari Jane saja. Tapi ketika Jane cerita kepada teman-teman sekantor, ternyata, semua tergerak untuk melakukan hal yang sama. Hanya dalam dua hari, pada 27 April 2020, langsung terkumpul sejumlah dana.

“Sejak awal Jane sudah memberi tahu saya bahwa yang akan diberikan adalah paket makanan dari resto siap saji itu yang isinya nasi putih, dua macam olahan ayam, dan satu botol air mineral,” kata Susy.

Bukan tanpa alasan Jane memilih paket makanan dari resto siap saji itu. Pertama, Jane mendengar informasi bahwa resto siap saji itu akan semaksimal mungkin mempertahankan karyawannya maka mereka bikin paket murah. Kedua, paket yang ditawarkan sangat terjangkau buat teman-teman kantornya yang mau berdonasi.

Dari yang awalnya hanya ratusan paket dalam hitungan jam naik jadi 1000 paket. Dalam dua hari itu, 25 – 27 April 2020, diinformasikan bahwa karyawan GGF yang mengadakan program yang diberi nama GGF Peduli ini menyediakan 5500 paket makanan.

Setelah semuanya siap Jane dan Susy, sejak Senin (27/5) lalu, setiap hari mengatur jadwal pengiriman sumbangan paket makanan ke sejumlah kota yang ada gerai resto siap saji itu. Jadi bukan cuma kawasan Jabodetabek saja. Tapi sampai ke Cianjur (Jawa Barat), Jember (Jawa Timur), dan kota-kota lain di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

See Also

Semua pengiriman paket sumbangan makanan ke kota-kota itu dapat berjalan lancar dan tepat waktu karena didukung jaringan distribusi resto siap saji itu.

Sampai hari Rabu (6/5) sudah hampir 6000 paket makanan sumbangan karyawan GGF diterima warga yang sangat terdampak wabah coronavirus ini. Sejumlah 1000 paket makanan itu sudah dibagikan di daerah Bekasi.

Setelah melihat betapa berartinya paket makanan sumbangan dari para karyawannya ini, akhirnya, pimpinan perusahaan turun tangan. Pihak perusahaan pun ikut menyumbang tambahan 20000 paket makanan, jumlahnya lebih dari tiga kali lipat sumbangan yang berhasil dikumpulkan Jane dan karyawan-karyawan lainnya. Kemungkinan bantuan sumbangan paket makanan ini akan terus diberikan kepada warga yang membutuhkan sampai pagebluk ini berakhir.

Salut untuk inisiatif Jane Fransisca yang menggalang sumbangan paket makanan yang diberikan para karyawan dan pimpinan perusahaan tempat ia bekerja. (*)

What's Your Reaction?
Excited
2
Happy
1
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top