Now Reading
Di Jabar, Nakes Bisa Tes Covid-19 Drive Thru Gratis

Di Jabar, Nakes Bisa Tes Covid-19 Drive Thru Gratis

Jakarta – Sebelumnya, Korea Selatan menjadi buah bibir sebagai negara yang berinisiatif menggelar uji positif Coronavirus Disease atau Covid-19 secara drive through atau drive thru. Kini, Indonesia juga sudah mulai menerapkan langkah ini.

Sederet alasan dikemukakan, namun terpenting adalah deteksi dini, efisien, sekaligus nyaman bagi masyarakat. Pasalnya mereka tidak perlu pergi ke rumah sakit atau klinik penanganan penyakit karena virus ini, yang mungkin semakin memperburuk kondisi awal.

Setelah Korea Selatan, Amerika Serikat melakukan hal serupa. Salah satu produsen otomotif Negeri Ginseng yang memiliki pabrik besar di Negeri Paman Sam juga turut memberikan donasi untuk pengujian secara drive thru itu.

Layanan drive thru tes covid-19 di AS. (Anadolu Agency)
Layanan drive thru tes covid-19 di Amerika Serikat [(Anadolu Agency].

Kekinian, pelbagai negara mulai mengadopsi cara ini. Demikian pula di Indonesia. Antara lain Provinsi Jawa Barat. Dan, sekarang startup kesehatan ProSehajuga menggelar kegiatan serupa. Sasarannya khusus tenaga kesehatan atau nakes.

Perlu digarisbawahi bahwa nakes adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Sehingga tergolong tinggi dalam soal risiko penularan.

Apalagi, ada faktor Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berperan dalam menumbuhkan risiko penularan terhadap tenaga kesehatan. Yaitu saat mereka mendatangi rumah sakit atau klinik dan ditangani oleh nakes.

Belum lagi ketidakjujuran pasien mengenai riwayat perjalanan mereka. Faktor-faktor inilah membuat nakes rentan terpapar Covid-19.

ProSehat sebagai bagian dari startup ecosystem UMG Idealab menggelar drive thru rapid test Covid-19 pada 15 – 25 April 2020.

“ProSehat Drive Thru diadakan karena semua tenaga kesehatan dianggap berisiko, sebab berhadapan secara langsung dengan pasien. Jadi, ada atau tidak gejala dilakukan screening dahulu melalui rapid test,” jelas Founder ProSehat dr. Gregorius Bimantoro.

Ia menambahkan, semua nakes yang sudah melakukan rapid test akan dipantau harian oleh ProSehat sesuai protokol yang berlaku. Jika ada hasil rapid test yang positif, maka sesuai alur yang telah dirumuskan di pedoman Kemenkes RI, nakes perlu dipastikan dengan PCR swab.

See Also

ProSehat menggelar drive thru rapid test bagi Tenaga Kesehatan RI [Dok. Prosehat].
ProSehat menggelar drive thru rapid test bagi Tenaga Kesehatan RI [Dok. Prosehat].

ProSehat menggandeng setidaknya empat mitra klinik yang tersebar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Keempanya adalah Klinik Sehat Indonesia Palmerah Jakarta, Klinik Pintar Bhakti Insani Bekasi, Klinik Atma Jaya Kampus III BSD, dan Klinik Holicare ITC BSD. Dan kegiatan juga didukung oleh Gugus Tugas Covid-19 dan Kemenkes RI.

“Untuk pendaftaran ProSehat Drive Thru bagi para rekan sejawat dilakukan melalui portal resmi Prosehat.com atau chat dokter ProSehat di WhatsApp 0811-1816-800,” tutup dr. Gregorius Bimantoro.

Terus semangat para nakes yang menangani pandemi Covid-19. Karya dan bakti Anda adalah kebanggaan bangsa!

CatatanJika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Sumber: Suara.com

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top