Now Reading
Dampak Kerja dari Rumah, Udara Surabaya Membaik

Dampak Kerja dari Rumah, Udara Surabaya Membaik

Surabaya – Menjadi salah satu kota terpadat dan paling sibuk di Indonesia, udara Surabaya turut terpengaruh. Kondisi berbeda justru terjadi masa pandemi COVID-19, lantaran kualitas udara di Kota Surabaya menjadi lebih bersih.

Tentu saja, perubahan positif tersebut tidak lepas dari berkurangnya emisi gas buang transportasi dan industri akibat penerapan sistem bekerja di rumah (work from home).

Ini diketahui berdasarkan pantau dengan menggunakan alat indikator polusi udara yang ada di sejumlah ruas jalan di Kota Surabaya. Selain itu juga berdasarkan hasil data yang diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya.

Dari alat pemantau kondisi udara yang terpasang di sejumlah kawasan di Surabaya memperlihatkan gambar kualitas udara di Surabaya pada warna hijau. Selain itu, angka index standar pencemar udara (ISPU) berada di angka 48 partikel mikron atau di bawah level sedang.

Kepala DLH Kota Surabaya Agus Eko Supiadi mengatakan bahwa perubahan positif tersebut tidak lepas juga dari kesadaran warga di tengah masa pandemi.

Menurut Agus, kesadaran masyarakatmenerapkan physical distancing, ditambah lagi dengan tren baru bekerja dari rumah, berperan besar atas perubahan positif kondisi udara.

Sebab, kata dia, hampir dipastikan dengan tren di masa Covid-19 ini, volume kendaraan yang menimbulkan polusi udara menjadi berkurang di hari biasanya.

“Yang jelas udaranya semakin bagus,” kata Kadis Eko beberapa waktu lalu.  “Apalagi Kota Surabaya adalah kota perdagangan dan jasa dan yang mempengaruhi kendaraaan bermotor, tapi untuk saat ini jarang kendaraan bermotor.”

See Also

Eko juga mengumumkan bahwa sebelum adanya wabah Virus Corona, ISPU udara di Surabaya bisa mencapai angka 57 partikel mikron atau level sedang. Namun, saat ini angka ISPU terus mengarah ke hijau atau di bawah 50 terus bahkan 40-41.

Ia juga menambahkan, apalagi pada saat hujan biasanya di level sedang, sedangkan kalau pagi biasanya berada di angka 57 antara bagus dan sedang. “Malam sudah bagus sekarang semuanya hijau,” tutupnya.***

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top