Now Reading
Cerita Pasien Positif Corona Sumsel, Sembuh Setelah Dengar Kabar Bahagia Anaknya Lolos Kedokteran Udayana

Cerita Pasien Positif Corona Sumsel, Sembuh Setelah Dengar Kabar Bahagia Anaknya Lolos Kedokteran Udayana

Palembang – I Nyoman Warsayasa (55) warga asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan membagikan pengalamannya berjuang untuk sembuh setelah positif terjangkit virus corona dan menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Dikatakan I Nyoman, mulanya ia sempat datang ke daerah terjangkit pada pertengahan Maret 2020 lalu. Saat pulang ke rumah, ia mengelami batuk dan berobat ke dokter setempat lalu sembuh. Tak lama setelah sembuh, I Nyoman kembali merasakan tubuhnya mengalami panas dan kembali memutuskan berobat di rumah sakit setempat. Setelah dirawat ia pun sembuh.

“Badan saya lemas tiga hari berturut-turu. Saya putuskan ke Palembang dan berobat di rumah sakit Charitas. Akhirnya dirujuk ke RSMH,” kata I Nyoman. Saat menjalani perawatan di RSMH, I Nyoman dipastikan positif terjangkit virus corona setelah dilakukan uji sampel di Laboratorium Balitbangkes Jakarta.

Ketika divonis terkena Covid-19, ia pun mengikuti seluruh intruksi yang diberikan oleh tenaga medis untuk sembuh. “Dokter bilang, kalau tidak ada penyakit lain saya akan sembuh. Saya semangat mendengar penjelasan itu, karena memang tidak ada penyakit lain,” ujarnya.

Dengar anak lulus, jadi semangat untuk sembuh

Dua pekan di rawat, I Nyoman menghabiskan hari-harinya di ruang isolasi untuk mengikuti intruksi yang disarankan dokter. Ia semakin semangat untuk sembuh mendengar kabar anaknya berhasil masuk Kedokteran Universitas Udayana, Bali pada 8 April 2020 kemarin.

“Anak saya dikabarkan lolos kedokteran, saya semakin semangat ingin cepat sembuh dan pulang. Saya ucapkan terimakasih kepada dokter RSMH dan perawat yang sudah merawat saya, mereka betul-betul bekerja dengan hati,”ujarnya.

Meskipun telah dinyatakan sehat, I Nyoman mengaku saat tiba di rumah ia akan lebih dulu mengisolasi diri selama 14 hari, untuk memastikan dirinya benar-benar sehat. “Setelah benar-benar sehat saya baru akan bertemu masyarakat tetangga sekitar, walau pun sekarang sudah,” katanya.

18 pasien positif di Sumsel

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Yusri mengatakan, saat ini jumlah pasien positif sebanyak 18 orang. Rinciannya, dua dinyatakan meninggal dunia dan dua dinyatakan sehat. Sedangkan 14 lainnya saat ini masih dalam proses perawatan di rumah sakit. “Total pasien sembuh sampai hari ini dua orang, yakni pasien nomor 12 dan pasien asal Kabupaten OKI. Mereka sudah diperbolehkan pulang,” kata Yusri.

Diberi obat antibiotik, antivirus dan vitamin

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSMH Palembang, dr Harun Hudari, menjelaskan, mereka sudah melakukan pemeriksaan lab dengan sistem PCR (Polymerase Chain Reaction) terhadap dua pasien itu.

Meski sudah dinyatakan sehat, dua pasien tersebut menurut Harun harus tetap menjalani isolasi selama 14 hari secara mandiri di rumah sebelum berinteraksi dengan orang lain. “Pasien juga diberikan dua obat antibiotik dan dua obat antivirus, serta vitamin untuk menambah daya tahan tubuhnya,” jelas Harun.

Sumber : Kompas.com
Foto : RSMH PALEMBANG

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top