Now Reading
Bikin 10000 APD untuk Dokter dan Tenaga Kesehatan Saat Gerai Tutup

Bikin 10000 APD untuk Dokter dan Tenaga Kesehatan Saat Gerai Tutup

Produksi APD

Banyak mall dan gerai tutup mengikuti himbauan pemerintah untuk social distancing selama wabah coronavirus melanda Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu.

Tak terkecuali empat gerai sebuah fashion brand yang dibangun sejak tahun 2009 oleh Ria Sarwono dan Carline Darjanto, di empat mall di Jakarta. Mestinya mereka akan membuka gerai kelima Cottonink di satu mall di Serpong, Tangerang Selatan, dalam waktu dekat ini. Tapi terpaksa ditunda karena wabah coronavirus.

Karena gerai tutup mau tidak mau seluruh karyawan dan para penjahit yang menjadi mitra kerjanya juga di-“rumah”-kan. Namun hati Ria tersentuh saat terjadi kelangkaan alat pelindung diri (APD), berupa baju terusan dan berpenutup kepala, yang sangat dibutuhkan oleh dokter-dokter dan tenaga kesehatan lainnya saat menolong pasien yang terinfeksi coronavirus di rumah sakit.

Ria, tentu bersama Carline, lalu berinisiatif membuat 10000 APD dengan melibatkan partisipasi masyarakat sejak 29 Maret lalu. Satu APD setara Rp 50.000. Ia dan Carline langsung menyumbang 200 APD senilai Rp 10.000.000. Sedangkan sisanya, 9800 APD, ia harapkan dananya diperoleh dari masyarakat yang menyumbang melalui lembaga penampung sumbangan.

Kabar terakhir sumbangan dari masyarakat yang masuk total lebih dari Rp 350.000.000 yang digunakan untuk membuat 7000 APD. Jadi masih kurang 3000 APD lagi atau Rp 150.000.000.

Pembuatan APD ini mengikuti standard yang ditetapkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dan direncanakan segera diproduksi. Bila sudah siap pendistribusian APD ke rumah sakit-rumah sakit dilakukan oleh IDI.

“Apa yang kami lakukan merupakan satu penghargaan yang tinggi atas dedikasi dokter-dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang kita tahu sudah bekerja keras untuk menyelamatkan pasien-pasien selama wabah coronavirus ini. Kita sangat berterima kasih dan berharap dokter-dokter dan tenaga kesehatan lainnya semua sehat dan selamat. Kita bantu menyediakan APD agar semuanya selamat dan terlindungi,” papar Ria.

See Also

Selain itu, pembuatan APD ini juga memberikan pekerjaan kepada para penjahit yang selama ini menjadi mitra kerja. Para penjahit juga terbantu dengan adanya pembuatan 10000 APD ini.

Apa yang dilakukan Ria dan Carline menjadi bukti bahwa selalu ada warga yang peduli dan siap bergotong-royong saling menolong pada saat kita semua mengalami kesulitan tanpa harus menyalahkan dan menuntut pemerintah. Mereka telah berbuat dan bertindak nyata dalam mengatasi wabah coronavirus tanpa banyak bicara.

Salut! (*)

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top