Now Reading
5 Tips Menghalau Cemas Karena Berita Corona

5 Tips Menghalau Cemas Karena Berita Corona

Berhenti Cemas

Cemas dan panik akibat pemberitaan tentang Covid-19 sepanjang hari? Hampir semua orang merasakannya. Apalagi ada ajakan #DiRumahAja dan jaga jarak, ditambah kini tidak boleh lagi makan di restoran, melainkan makanan harus di bawa pulang. Kecemasan berlebih memicu gangguan tidur, kehilangan nafsu makan, dan justru bisa berakibat sakit, lho.

Tenang, ada tips untuk mengurangi kecemasan itu, yaitu:

  • Putus dari internet

Sesekali putuskan koneksi internetmu. Sebab di media sosial, media online, hingga WhatsApp Group, sering kali bertebaran aneka berita soal wabah Corona. Mayoritas kontennya negatif, sehingga bikin cemas saja. Ya, hentikan sejenak koneksi dengan semua itu. Misalnya setelah jam 6 sore, aktifkan mode penerbangan di ponselmu.

  • Atur napas

Saat kita cemas, maka otot-otot menegang, dan napas tak beraturan. Tarik napas dalam-dalam, hembuskan perlahan. Ini membuat kita merasa rileks. Memperpanjang tarikan napas dapat mengendurkan sistem saraf kita. Biasakan mengatur pola napas ini, sehingga kita merasa santai dan kecemasan mereda.

  • Lakukan aktivitas menyenangkan

Apa saja itu? Mendengarkan musik gembira, menonton film komedi atau romantis, membaca buku petualangan, atau nge-games di gadget. Ajak chatting teman-temanmu dengan topik menyenangkan, misalnya bercanda, mengenang masa-masa indah, dan sejenisnya. Intinya, lakukan semua yang kamu sukai.

  • Beraktivitas fisik

Menyibukkan diri dengan olah raga ringan seperti jalan-jalan sore di halaman rumah atau sekitar rumah dapat membuat kita merasa santai. Yang sudah terbiasa dapat melakukan yoga, pilates, dan sejenisnya. Hobi memasak atau menjahit atau pekerjaan lain yang melelahkan tapi menyenangkan? Lakukan saja. Kita akan merasa lelah, sehingga mengeluarkan hormon endorfin yang memicu rasa senang. Apalagi jika aktivitas itu membuahkan hasil, seperti kue yang lezat, atau tubuh bugar dan langsing.

  • Saling dukung

Gerakan jaga jarak alias social distancing bukan berarti menghapus rasa solidaritas. Kita dapat tetap membantu mereka yang membutuhkan pertolongan. Lakukan penggalangan dana, atau sekadar bantu mempromosikan bisnis teman-teman kita secara online. Rasa bahagia karena menolong sesama itu bukan mitos, lho.

See Also

Sudah lakukan 5 hal tadi? Atau ada hal lain yang dapat menghapus kecemasanmu? Silakan berbagi ya.

Diterjemahkan secara bebas dari Psychcentral.com oleh Magda Mars

What's Your Reaction?
Excited
0
Happy
0
In Love
0
Not Sure
0
Silly
0
View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 Bersama Lawan Covid19 | Didukung oleh Cipendawa Rent Bus

Scroll To Top